Rabu, 02 Desember 2009

Teater GENERASI Gelar Syukuran

Written by Teja Purnama
Tuesday, 23 June 2009 12:21

Teater Generasi Medan pimpinan Suyadi San menggelar acara syukuran hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 di Ruang Pameran Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU) Medan, Minggu sore (21/6). Acara ini diisi berbagai atraksi kesenian, di antaranya monolog, musikalisasi puisi, baca puisi, baca cerpen, dan pemutaran film pendek.


Suyadi San dalam siaran pernya, kemarin, menyebutkan, ada beberapa hal yang perlu disyukuri kelompok teaternya kali ini. Di antaranya, kesuksesan mengikuti gelar teater Panggung Perempuan se-Sumatera pada 25-30 April dan Jaringan Teater se-Sumatera 25-30 Mei di Lampung.


"Dua kegiatan itu merupakan rangkaian program Kalasumatera yang dilaksanakan Teater Satu Lampung dan Hivos (Belanda). Untuk program ini, kami mengutus anggota mengikuti workshop dan lokakarya penyutradaraan, penulisan naskah, manajemen artistik, manajemen produksi, dan diskusi," sebut Suyadi.


Hasil workshop, lokakarya, dan diskusi yang diadakan di Taman Budaya Lampung sejak November 2008 itulah, menurut Suyadi, yang dipentaskan di Medan dan Lampung.


Pada Panggung Perempuana se-Sumatera, Teater Generasi mengusung lakon "Kembang Mayang" karya Hanita Karlina, sutradara Elidawani Lubis. Sedangkan Jaringan Teater se-Sumatera, teater ini mengusung monolog "Cublis" karya Hasan Al Banna, cosutradara Hasan Al Banna/M. Raudah Jambak.


"Alhamdulillah. para pengamat dalam program KALASUMATERA tersebut menilai, dua penampilan Teater Generasi berhasil. Ini jadi tantangan bagi kami untuk karya-karya berikutnya," kata Suyadi.


Sebelumnya, Teater Generasi menggelar monolog "Indonesia Undercover #reload for 2" karya Suyadi San, sutradara Elidawani Lubis, Selasa (7/4) di TBSU. Pergelaran ini turut disaksikan Wakil Gubernur Sumatera Utara Gatot Pudjo Nugroho, S.T., Kepala Dinas Pendidikan Drs. Bahrumsyah, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ir. Nurlisa Ginting.


Kegiatan lainnya, yakni, konser teater-puisi dan musikalisasi puisi "Tanah Hom Pim Pa" skenario/sutradara Suyadi San dalam Semenda Expo di TBSU, Sabtu (7/3) serta secara maraton melakukan penyeleksian calon anggota baru sejak Desember 2008 sampai Juni 2009.


Hal lain yang patut disyukuri kelompok ini, sebut Suyadi lagi, adalah kelulusan anggotanya meraih gelar Sarjana dan lulus Ujian Nasional (UN). "Bahkan, ada juga yang baru lulus menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS)," ujarnya.


Keberhasilan tersebut, aku Suyadi, sesungguhnya merupakan "tamparan manis" untuk jadi bahan instropeksi diri. "Apakah dengan (keberhasilan) itu kita lalu terlena dan terlindas zaman, atau malah jadi pemicu untuk kesuksesan berikutnya pada hari-hari ke depan. Inilah inti dari rasa syukur tersebut," katanya berfalsafah.

Teja | GLOBAL | MEDAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar