Rabu, 02 Desember 2009

Teater Satu Gelar Kala Sumatera

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Teater Satu dan Hivos Belanda mengadakan Kala Sumatera di Taman Budaya Lampung, Jumat (21-11). Kegiatan Kala Sumatera terdiri dari panggung perempuan se-Sumatera, jaringan teater se-Sumatera, pelatihan guru teater se-Lampung, dan penerbitan buku bermain drama.

Panggung perempuan se-Sumatera diikuti 21 peserta dari 12 lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan komunitas teater. Di antaranya: Teater Generasi (Sumatera Utara), Kominitas Seni Intro (Sumatera Barat), Teater Sakata (Sumatera Barat), Teater Selembayung (Riau), Teater Oranye (Jambi), Teater Andung (Bengkulu), Teater Kurusetra (Lampung), Teater Baru (Sumatera Selatan), SPI Labuhan (Sumatera Utara), WCC Palembang, APM Merangin, dan Damar Lampung.

Peserta panggung perempuan diberi materi tentang penyutradaraan dan penulisan lakon oleh Pemimpin Umum Teater Satu, Iswadi Pratama, Dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Yudi Aryani, penggiat teater Laskar Panggung, Yusep Muldiawan, Dosen Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Arthur S. Nalan, dan Joko Kurnain, dan Sutradara Lena Simanjuntak.

Kepala Operasional Imas Sobariah, Minggu (16-11), mengatakan selain dibekali materi penyutradaraan dan penulisan lakon, juga ada diskusi tentang perspektif gender yang diisi oleh Direktur LSM Damar S.N. Laila. Peserta juga saling bertukar pikiran tentang dunia teater. Pada Januari mendatang, kata Imas, para peserta yang telah memperolah pembekalan akan melokakaryakan ide cerita teaternya. Dilanjutkan dengan pementasan teater di Taman Budaya, April 2009. n */K-2

Sumber: Lampung Post, Selasa, 18 November 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar